Kamis, Juli 16, 2009

Plastisin Buatan Sendiri .... Berkreasi Yuuuk !

Saya mempunyai seorang putri berumur 9 thn. Secara genetik, dia mempunyai riwayat alergi. Terutama, menyerang bagian kulit tangan dan kaki. Saat ia usia balita dulu, dia cukup senang jika harus bermain-main aneka bentuk dari bahan plastisin (umumnya disebut juga Malam). Namun sayang, sering kali bahan plastisin yg kami beli di toko mengakibatkan alergi pada permukaan telapak tangannya, terutama jika kondisi plastisin sudah lembek, karna cuaca panas kota Surabaya. Mau tak mau, saya pun harus mulai membatasinya bermain dgn bahan itu.

Tapi, suatu saat saya menemukan buku ini, yang mengajarkan bagaimana membuat Plastisin sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana & cukup ramah bagi penderita alergi seperti anak saya.

Siang ini, kebetulan sekali Putriku sedang berpuasa sehari penuh, untuk mengisi waktu kosong tengah hari, dia ingin membuat plastisin sendiri. Hasilnya, banyak sekali manfaat yang bisa diambil. Selain puasanya tetap penuh berjalan, dia pun bisa lebih mengasah daya kreatifitasnya.

Hayuk ikutan buat mainan sendiri di rumah... dijamin lebih aman & higienis kan..!

Buat Plastisin_karyaku_Me & Mom_1 Buat Plastisin_karyaku_Me & Mom_3 Buat Plastisin_karyaku_Me&Mom_2



Berikut saya bagi informasi bahan & cara pembuatan Plastisin di rumah :

PLASTISIN (HOMEMADE)

sumber : Karya INDIRA
judul : Kreasi Plastisin
penerbit : Erlangga for Kids

============================================
Bahan-bahan : 
70gr Tepung Terigu (jenis apa saja)
70gr Tepung Tapioka/Kanji
70gr Tepung Beras
180gr Lem Putih 
(aku pake merk Lem Rajawali)
Beberapa Pewarna Kue (sengaja pakai pewarna kue, agar  tak terlalu pekat menempel pada tangan/baju, mudah dibersihkan)

Presentation


Cara Pembuatan :
1. Aduk semua bahan jadi satu hingga menjadi adonan yg kalis (tak lengket ditangan)

2. Ambil beberapa bagian, beri pewarna sesuai keinginan kita, uleni merata (spt uleni adonan roti). Hingga adonan bertekstur lemas, permukaan halus rata / tak pecah2.

3. Bentuk sesuai keinginan.

4. Gunakan lem putih/kayu jg saat merekatkan bbrp bagian boneka/bentuk.


** CATATAN : jika adonan kalis terlalu kering, bisa ditambahkan sedikiiit saja lem putihnya, lalu uleni lagi, rata.


SELAMAT MENCOBA............. !!!



Buat Plastisin_karyaku_Me & Mom_5

Artikel Terkait

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.....

Mbak Rachmah,

postingannya berguna sekali, kebetulan anak saya berapa hari yg lalu ribut-ribut minta plastisin utk tugas sekolahnya, sayangnya mintanya sdh malem, toko sdh tutup, untung ada postingan ini, jadi sy bisa buatkan plastisin utk nya,...

Mohon ijin copy paste ya Mbak...

Alhamdulillah Jaza khaila...

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb
Mbak Rachmah,
Salam kenal.
Aku seneng banget bisa ketemu cara membuat plastisin. karena aku tertarik untuk membuat plastisin. Aku Minta ijin untuk meng copy paste postingan mbak rahmah.
Terima kasih sebelumnya.

Rachmah Setyawati mengatakan...

Salam kenal semua....

Alhamdulillah jika memang postingan ini membawa manfaat.
Silahkan dicoba dan dimanfaatkan di rumah.

Salam,
Rachmah

HOME SHOPPING mengatakan...

Assalam'alaikum Wr. Wb.

Salam kenal Mb. Rachmah.

Terima kasih u postingan resep plastisinnya, baru saja pagi ini sy melihat hasil karya plastisin anak seorang teman di fesbuk sy jd terinspirasi u menjadikannya aktivitas ngabuburit anak2 saya....pas sy searching, eh ketemu deh sm blognya Mb. Rachmah....ijin copy paste ya Mb.

koko mengatakan...

Izin copy paste y bu' buat ibu saya,...terima kasih sebelumnya,...

koko mengatakan...

Izin copy paste y bu' buat ibu saya,...terima kasih sebelumnya,...

Anonim mengatakan...

Ass.wr.wb..

mba Rachmah,

posting di link anda sangat berguna sekali.
kebetulan anak saya juga alergi seperti anak anda.

mohon izinnya untuk copy paste ya mba..

thanks.

wass. wr. wb

Zuhdiyya mengatakan...

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Mb. Rachma

Alhamdulillah posting'y bermanfaat sekali.
Izin Copas y Mb,..^_^. Jazakalloh khoir,..

Wassalaamu'alaikum. Wr. Wb.

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr. wb

mbak rachmah, salam kenal

terima kasih potingannya, saya samgat tertarik sekali untuk mencoba, tetapi ada yang ingin saya tanyakan, jika adonan yang saya buat ternyata kebanyakan, bisakah untuk saya simpan?kemudian setelah beberapa hari jika saya ingin berkreasi lagi,saya bisa menggunakan adonan yang saya simpan tersebut, mengingat adonan juga terdiri dari lem, saya khawatirnya adonan tersebut jika didiamkan terlalu lama akan mengeras,apakah ada solusinya ya mbak...?

teri makasih sebelumnya...

Anonim mengatakan...

bu saya ingin mencoba tp saya bingung seumpama tepung 1 kg semua lemnya berapa y?trims minta jawabny segera

Anonim mengatakan...

assalamualaikum....
bu Rachmah,
maaf bu saya mau mencoba tp saya bingung seumpama tepungnya 1 kg it butuh lem berapa? minta jawabanny segera.......... trims

Anonim mengatakan...

ya saya juga mintaijin copy paste ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...